Selasa, 09 Maret 2010

Mengintip Gairah Entrepreneurship Di Uin Maliki Malang

Setelah beberapa pekan kita di suguhkan materi-materi yang sangat bagus dalam mata kuliah kewirausahaan, saya mencoba menelaah kondisi yang ada pada kampus kita tercinta. Melihat animo pengunjung yang sangat antusias di website ini, saya ingin sedikit menggelitik teman-teman sekalian untuk melihat kondisi yang ada di sekitar kita. Harapan dari studi ini adalah agar kita dapat belajar mengenai berwirausaha, belajar ini akan lebih baik jika kita dapat terjun secara langsung.

Nah, dalam artikel ini, saya akan mengajak anda untuk berpikir wirausaha apa yang sekiranya cocok untuk diterapkan di kampus kita dan bagaimana dukungan kampus terhadap semangat wirausaha teman-teman sekalian.
Mahasiswa merupakan generasi yang akan menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa dan negara. Mereka merupakan aset bangsa dan negara yang perlu terus dibina dan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan. Pada saat mahasiswa harus terjun ke masyarakat, maka telah memiliki wawasan yang memadai, sehingga mampu mengelola keterampilan yang dimiliki untuk diri sendiri, keluarga maupun lingkungan yang lebih luas yaitu masyarakat. Seperti apa pemikiran tentang wirausaha kampus dan seberapa efektifnya bagi peningkatan kualitas mahasiswa di dalam menghadapi era globalisasi dewasa ini?

Pembelajaran melalui enterpreneurship merupakan salah satu media untuk membuka cakrawala wawasan, untuk menimba ilmu dari orang-orang yang telah berhasil di sekitar kita, para pakar yang memiliki kompetensi tinggi di bidangnya maupun bangsa-bangsa di luar negeri yang telah jauh melangkah mendahului.

Melihat dari kampus tetangga(sebagai pembanding saja), bagi mereka yang mempunyai ide usaha akan diberikan sebuah beasiswa wirausaha. Bagi mahasiswanya diharuskan memiliki Proposal/Rencana Bisnis yaitu Menjabarkan rencana bisnis (business plan) yang mampu mendasari langkah-Iangkah berusaha. Membuat aspek operasional, pemasaran, keuangan, sosial dan sumberdaya manusia. Kemudian mereka harus mempunyai Tujuan dan Motivasi, Komitmen dan Keberlanjutan, Inovasi, Penciptaan Lapangan Kerja dan yang tidak kalah penting adalah Visi Kewirausahaan.

Dalam tulisan ini saya sedikit banyak berharap agar para ada sedikit perubahan untuk menjawab semangat-semangat berwirausaha kita. Jika kita pikir lagi kita telah memiliki beberapa modal utama dalam bisnis, contohnya impian, semangat, rencana dsb yang tertuang dalam modal utama, sementara disaat kita memerlukan bantuan dalam finansial?apakah itu bersumber dari orang tua kita?bagaimana jika orangtua kita pas-pas an?apakah kita hanya bermimpi?

Bagaimana pendapat teman-teman sekalian jika dihadapkan dengan artikel diatas, langkah apa saja yang seharusnya kita perbuat? dan bagaimana seharusnya pihak kampus menjawab semangat-semangat kita?share bersama ya.. :)

NIM : 07650136

baca ini juga ya :

link 1

link 2

0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan Kritik yang membangun untuk kita semua.

 
Share